pengertian hukum

12 Mar

Jika kita akan menuju suatu negara , pasti kita harus mengikuti dan harus mematuhi peraturan hukum yang ada di negara tersebut.Di setiap Negara pasti mempunyai hukum dan aturannya masing-masing . dan mengapa di setiap Negara harus memiliki aturan yang jelas ? jika kita membicarakan pengertian hukum tidak akan ada habisnya , dikarenakan banyak pendapat yang berbeda-beda . dan menurut saya pengertian hukum itu sendiri adalah Hukum peraturan yang dibuat oleh pihak yang berwenang dan berlaku bagi setiap masyarakat yang ada di Negara tersebut yang sifatnya memaksa dan jika dilanggar akan mendapatkan sanksi .

Menurut saya pengertian hhukum seperti itu , nah sekarang mari kita lihat pengertian  hukum menurut para ahli :

  1. 1.      Menurut aristoteles :

Sesuatu yang berbeda dari sekedar mengatur dan mengekspresikan bentuk dari konstitusi dan hukum berfungsi untuk mengatur tingkah laku para hakim dan putusannya di pengadilan untuk menjatuhkan hukuman terhadap pelanggar.

 

  1. 2.      Menurut Hugo de Grotius :

Peraturan tentang tindakan moral yang menjamin keadilan pada peraturan hukum tentang kemerdekaan (law is rule of moral action obligation to that which is right).

 

  1. Menurut Leon Duguit :
    Semua aturan tingkah laku para angota masyarakat, aturan yang daya penggunaannya pada saat tertentu diindahkan oleh anggota masyarakat sebagai jaminan dari kepentingan bersama dan jika yang dlanggar menimbulkan reaksi bersama terhadap orang yang melakukan pelanggaran itu.

 

  1. Menurut Immanuel Kant :
    Keseluruhan syarat-syarat yang dengan ini kehendak bebas dari orang yang satu dapat menyesuaikan diri dengan kehendak bebas dari orang yang lain, menuruti peraturan hukum tentang kemerdekaan.

 

  1. Menurut Roscoe Pound :
    Sebagai tata hukum mempunyai pokok bahasan hubungan antara manusia dengan individu lainnya, dan hukum merupakan tingkah laku para individu yang mempengaruhi individu lainnya. Adapun hukum sebagai kumpulan dasar-dasar kewenangan dari putusan-putusan pengadilan dan tindakan administratif Law as a tool of social engineering.

 

 

 

  1. Pengertian hukum menurut John Austin
    Seperangkat perintah, baik langsung maupun tidak langsung dari pihak yang berkuasa kepada warga rakyatnya yang merupakan masyarakat politik yang independen dimana pihak yang berkuasa memiliki otoritas yang tertinggi.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: