pemasaran

17 Nov

Pengertian pemasaran , proses penyusunan komunikasi dan bertujuan memberikan informasi mengenai barang dan jasa , dan ada kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.

 

–          Bauran pemasaran ada yang disebut 4p yaitu :

  1. Product
  2. Price
  3. Place
  4. Promotion

 

=) konsep pemasaran

Sebuah falsafah bisnis yang mengatakan bahwa kepuasaan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan social bagi kelangsungan hidup perusahaan ( Stanton,1978) konsep pemasaran bertujuan unyuk memberikan kepuasaan terhadap keinginan dan berorientasi kepada kebutuhan konsumen/manusia.

–          Dalam pemasaran terdapat 6 konsep yang merupakan dasar melaksanakan kegiatan pemasaran yaitu :

  1. 1. Konsep produksi : konsep ini mengatakan konsumen akan menyukai produk yang tersedia dimana-mana dan harganya murah.
  2. 2. Konsep produk : konsep ini mengataka konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu, performasi, dan cirri-ciri yang terbaik.
  3. 3. Konsep penjualan : konsep ini mengatakan haus melaksanakan upaya penjualan dan proosi yang agresif.
  4. 4. Konsep pemasaran : konsep ini mengatakan kunsi untuk mencapai organisasi terdiri dari penetuan kebutuhan dengan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dan lebih efisien disbanding para pesaing.
  5. 5. Konsep pemasarn sosial : konsep ini mengatakan tugas organisasi adalah menetukan kebutuhan , keinginan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasaan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif.
  6. 6. Konsep pemasaran global : manajer eksekutif berupaya memahami semua factor-faktor lingkungan yang mempengaruhi pemsaran melalui manajemen strategis yang berkualitas.

–          Stategis pemasaran

Pengembaliaan keputusan-keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran , alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkunagn yang diharapakan dan kondisi persaingan.

 

–          Tujuan strategi pemasaran

  1. Konsumen mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka atas produk produk yang dihasilkan.
  2. Perusahaan dapat menjelaskan secara detail keg yang berhubungan dengan pemasaran.
  3. Mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya.

 

–          Stategi pemasaran dipengaruhi oleh factor-faktor :

  1. Factor makro : demografi/hukum , politik/hukum , sosial/budaya
  2. Factor mikro : perantara pemasaran, pemasok , pesaing, dan masyarakat.

 

Berikut hal yang harus diperhatikan untuk pemasaran , dari sudut pandang penjual :

  1. Tempat yang stategis ( place)
  2. Produk yang bermutu ( product )
  3. Harga yang kompetetif ( price )
  4. 4. Promosi yang gencar ( promotion )

Dari sudut pandang konsumen :

  1. Kebutuhan dan keinginan konsumen
  2. Biaya konsumen
  3. Kenyamanan
  4. Komunikasi

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: